fbpx
 Advertisement
kelebihan dan kekurangan whatsapp

Kelebihan Dan Kekurangan Whatsapp Sebagai Media Promosi

Menarik untuk dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan Whatsapp sebagai media promosi. Karena sejak blog ini saya buat dan mengulas tentang Whatsapp, kebanyakan yang chat ke saya kebanyakan adalah marketing atau pebisnis.

Artinya, Whatsapp dijadikan oleh mereka sebagai salah satu media promosi untuk bisnis yang mereka jalankan.

Gak heran postingan saya tentang belajar Whatsapp marketing merupakan artikel yang paling banyak di kunjungi.

Memang sih Whatsapp favorit banget untuk Indonesia, tapi ada baiknya kita harus tau kelebihan dan kekuragannya.

Kelebihan Whatsapp

Klo di rinci sebenarnya banyak banget sih kelebihan Whatsapp, tapi biarkan saya membagikan sedikit saja dari apa yang saya tau dan saya rasakan manfaatnya.

Whatsapp Itu Familiar Di Indonesia

Per Januari 2021 Whatsapp menjadi aplikasi paling paling banyak di penggunanya di dunia, saat ini menyentuh 2 Milyar pengguna. Kompetitor pesaingnya saja masih 500jutaan pengguna, padahal Whatsapp sejak akhir tahun di guncang dengan isu privasi.

Nah, Di Indonesia sendiri 40% dari 250 juta penduduk Indonesia dipastikan sudah menggunakan Whatsapp sebagai aplikasi chat dan komunikasi sehari-hari.

Sangat User Friendly

Whatsapp adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan meskipun tanpa membanca buku panduan.

Semua orang baik emak-emak, anak kecil bahkan orang tua sekalipun sangat mahir menggunakan Whatsapp.

Sehingga Whatsapp sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai media promosi karena menyasar semua target market.

Kaya Akan Fitur

Soal fitur gak usah di tanya, semua fitur yang disediakan oleh Whatsapp sangat mendukung aktifitas promosi via Whatsapp.

Untuk kepentingan promosi sebaiknya menggunakan Whatsapp Bisnis.

WA Bisnis ini semua fiturnya memudahkan Anda dalam melaksanakan strartegi Whatsapp marketing. Beberapa fitur sudah saya bahas penggunaannya.

  1. Broadcast Whatsapp
  2. Whatsapp Katalog
  3. Whatsapp Story
  4. Dll

Punya Shortlink Sendiri

Link memiliki fungsi paling penting dalam melakukan promosi dalam bisnis online, dan Whatsapp melihat peluang tersebut, Anda dapat menggunakan link shortener Whatsapp (pemendek link) dan mantapnya lagi link tersebut bisa di custom.

Hal ini akan sangat memudahkan penggunanya dalam melakukan promosi dengan link yang lebih pendek, lebih rapih dan lebih tertarget untuk menyapa pelanggan.

Tombol Call To Action Terbaik

Tombol call to action (ajakan untuk bertindak) biasanya dipasang dalam webiste ataupun landing page (halaman penjualan). Nah hampir semua bisnis online menyematkan tombol Whatsapp di websitenya sebagai tombol order.

Seperti yang Anda tau, bahwa orang Indonesia tidak familiar dengan tombol add to chart (keranjang belanja), tidak seperti orang di luar negeri. Sehingga konversi penjualan bisa meningkat dengan tombol whatsapp.

Sudah Banyak Tools Pendukung

Karena banyaknya pengguna Whatsapp di Indonesia yang menggunkan Whatsapp sebagai kanal bisnisnya, maka banyak pula developer yang membuat tools pihak ketiga untuk automatisasi Whatsapp.

Beberapa tools paling populer di Indonesia

  • WBSPRO (Tools Kirim Pesan Whatsapp Massal)
  • WOOWA (Notifikasi Whatsapp – API Versi Terjangkau)
  • WBSCHAT (Spesial Untuk Customer Service)

Kekurangan Whatsapp

Meskipun dengan setumpuk kelebihan, tentunya ada sedikit lubang kecil yang disisahkan oleh Whatsapp. Namun Alhamdulillah saya sudah menemukan formula untuk menambal kekurangan tersebut.

Broadcast Terbatas

Anda hanya bisa melakukan broadcast Whatsapp ke 256 pengguna yang sudah saling simpan nomor, solusinya Anda bisa menggunakan aplikasi kirim pesan massal.

Nomor Terblokir

Jika Anda menjadikan Whatsapp sebagai media promosi, maka satu hal yang tidak bisa di hindari adalah aktifitas Whatsapp menjadi semakin tinggi dan ini memberikan indikasi kepada pihak Whatsapp sebagai aktifitas tidak normal.

Hal ini akan menyebabkan suatu saat nomor Anda bisa di blokir, namun ini tidak menjadi masalah, jika nomor Anda terblokir maka bisa di buka kembali, liat panduan cara membuka blokir Whatsapp.

Tidak Ada Notifikasi Pengguna Baru

Ini salah satu kekurangan yang tidak bisa di tambal oleh Whatsapp, semua nomor yang Anda simpan akan langsung otomatis timbul tombol Whatsapp jika mereka menginstal Whatsapp.

Hal ini berbeda dengan telegram, dimana jika ada daftar kontak Anda menggunakan telegram baru, maka akan muncul notifikasi di beranda Anda, hal ini memudahkan pengguna untuk segera menghubunginya.

Bikin Sesak Memori

Aktifitas kirim foto di Whatsapp kurang bagus, terutama untuk Anda pengguna smartphone dengan kapasitas memori terbatas, hal ini dikarenakan semua foto yang akan terdownload dan tersimpan di memori ponsel Anda.

Berbeda halnya dengan telegram, dimana ada opsi untuk menyimpan gambar pada server telegram.

Whatsapp Bagus Atau Tidak Sebagai Media Promosi?

Pertanyaannya, apakah cocok Whatsapp dijadikan sebagai media promosi?

Secara jujur dan faktanya, Saya harus jawab iya…. Karena semua yang di sediakan oleh Whatsapp membuat seorang pebisis tidak memiliki alternatif lain untuk menjawab tidak.

Whatsapp adalah aplikasi chatting terbaik saat ini, pesaing terdekatnya hanyalah telegram, itu pun masih ketinggalan 4 kali lipat lebih cepat daripada Whatsapp.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Whatsapp dan bisa memaksimalkannya, maka whatsapp akan menjadi media promosi terbaik bagi bisnis Anda.

Avatar

About the Author: Irfan Juniyanto

Seorang marketing offlline yang sudah move on ke online, tertarik dengan hal-hal yang baru. Hubungi saya WA 085228767070

You May Also Like

Tinggalkan Balasan