Belajar WhatsApp Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

 Advertisement

Belajar WhatsApp Marketing adalah hal yang wajib bagi anda yang terjun dalam dunia bisnis, jika tidak anda bisa di tikung kompetitor.

Kita semua sepakat bahwa sosial media seperti facebook dan instagram hanya merupakan kanal branding dan promosi saja untuk memberikan edukasi market dan first impression pada sebuah bisnis.

Transaksi terjadi ketika mulai adanya interaksi dan kebanyakan interaksi itu terjadi melalui platform mesengger dan paling banyak mereka menggunakan whatsapp.

Itulah mengapa materi ini penting untuk di pelajari.

Hubungan WhatsApp dan WhatsApp Marketing

 Advertisement

WhatsApp adalah aplikasi pengirim pesan yang paling banyak penggunanya di dunia saat ini, ada lebih dari 1.6 juta pengguna yang sudah menggunakannya di smartphone. disitulah nilai bisnisnya.

WhatsApp Untuk Bisnis

Sebelum whatsApp diakuisi oleh facebook anda harus menggunakan aplikasi ini berbayar $1 dollar pertahun agar bisa menikmatinya, rencana tersebut kemudian hilang setelah facebook mengakusisinya.

Seluruh layanan whatsApp gratis untuk menikmati semua fiturnya, bahkan Mark Zuckerberg merilis whatsApp bisnis karena melihat potensi market whatsApp yang sangat besar.

Adapun fitur unggulan yang dikeluarkan oleh whatsApp yang akan sangat penting digunakan dalam berbisnis sebagai berikut.

Saking pentingnya whatsApp ini, banyak orang dan perusahaan yang mulai membuka kursus atau training hanya untuk belajar WhatsApp marketing.

Komunikasi Chatting Personal

Komunikasi chatting personal mewakili komunikasi dari hati ke hati dengan pelanggan, ini fitur yang paling classic yang dikeluarkan whatsApp.

Broadcast Pesan Ke List Pertemanan

Karena chat personal di anggap whatsApp tidak berdampak eksplosif, maka kemudian di hadirkanya fitur broadcast untuk menambah daya ledak saat mengirim pesan.

Group

Konsekuensi dari manusia sebagai mahluk sosial adalah selalu berkumpul dan membentuk komunitas. Di dalam sana ada pasar yang gurih dan dihadirkanlah fitur group whatsApp.

WhatsApp Blast

Untuk mengakomodasi semua fitur tersebut akhirnya orang berlomba-lomba menciptakan aplikasi pendukung seperti WhatsApp Blast.

Apa Itu WhatsApp Marketing

WhatsApp marketing adalah seni melakukan aktifitas penjualan hanya dengan memaksimalkan aplikasi whatsApp saja

WhatsApp marketing itu memiliki funnel dan tools pendukung agar aktifitas berjalan dengan maksimal.

Tetap fokus membaca dan saya akan berikan semua informasinya.

Pengguna WhatsApp di Indonesia

Sebelum anda memulainya, saya akan lebih mempertegas dulu, mengapa whatsApp marketing sangat powerful jika digunakan di Indonesia.

Penetrasi whatsApp di Indonesia sekitar 83% dari pengguna internet atau sekitar 124 juta pengguna internet sudah menggunakan whatsApp di smartphonenya. (Hootsuite, Jan 2019).

Ini merupakan peluang yang besar dan menggiurkan, jika anda sudah aktif menjadi marketing sejak dulu, anda pasti tau bagaimana jaya-jayanya sms marketing saat handphone dan sinyal menjangkau desa.

Kenapa Harus Menggunakan WhatsApp Untuk Bisnis

  • WhatsApp itu gratis dan penggunanya sudah banyak
  • Bisa kirim gambar, brosur, video dan ada katalog di WA bisnis
  • Membuat audiens khusus di group dan broadcast
  • Real live chat, langsung bisa saling balas.
  • Bisa di kombinasikan dengan aplikasi pihak ketiga WA Blast

Tips dan Strategi WhatsApp Marketing

Sampai disini saya beranggapan anda sudah paham pentingnya whatsApp marketing.

Yuk mari mulai belajar whatsApp marketing.

Anda dapat segera memulainya dengan melakukan beberapa sederhana dibawah ini, dijamin pasti powerful untuk meningkatkan omset bisnis anda.

1. Buat Akun Khusus Untuk WhatsApp Bisnis

Buatlah akun yang memang khusus hanya untuk menjalankan strategi ini, jangan di campur dengan lainnya.

  • Disarankan untuk mengunakan no cantik jika punya budget lebih
  • Lebih baik menggunakan nama orang bukan nama brand, biar lebih personal, karena whatsApp itu sifatnya personal.
  • Sediakan foto profil yang brandable (foto orang dengan menggunakan kaos yang ada logo perusahaan)
  • Gunakan nama lengkap
  • Kolom info di isi dengan alamat website anda

2. Maksimalkan Fitur WhatsApp

Selain fitur unggulan yang sudah disebutkan diatas (chat, broadcast dan group) sebenarnya ada mini fitur yang bisa di optimasi seperti story, video call, auto respon, katalog whatsApp bisnis dan lain-lain.

3. List Target Market

Semua target market yang anda bidik itu pasti sudah memiliki nomor whatsApp, silahkan di list dulu nomornya.

Promosi di whatsApp itu sangat personal banget, pastikan harus tertarget agar presentasi konversi penjualan tinggi.

4. Membuat Konten Yang Indah Di Baca dengan Fitur WhatsApp

Konten yang anda tulis usahakan enak dibaca, terstruktur mulai dari salam pembuka, judul, isi pesan, call to action dan kalimat penutup.

Usahakan untuk memainkan fitur yang sudah disediakan, misalnya dengan bold text dan italics kata, gunakan symbol & emotion dan link website.

Jangan lupa juga, whatsApp bisa support gambar, video dan suara, dokumen. Jika memungkinkan lengkapi dengan salah satu dari 3 hal diatas.

5. Mulai Berinteraksi Dengan Target Market (Audiance)

list dan konten sudah siap, saatnya berinteraksi dengan target market anda dengan mengirim pesan kepada mereka secara personal.

Mulailah dengan kata salam dan kalimat pertanyaan untuk membangun interaksi dan mendapatkan feedback positif.

Respon dari audiens anda akan mematikan tombol report spam dan blokir yang muncul pada saat pertama kali chat. dan sangat berguna untuk melakukan blast whatsApp.

6. Suruh Mereka Save Contact Anda dan Anda Pun Sebaliknya

Jika mereka menyimpak kontak anda di ponsel mereka, maka anda bisa melakukan broadcast list ke nomor tersebut, selain itu saat anda melakukan chat tidak akan muncul box lapor spam dan blokir.

Mantapnya lagi jika mereka menyimpan nomor anda, maka saat melakukan update story whatsApp mereka akan melihat updatan story anda.

Anda pun sebaiknya menyimpan nomor mereka, agar bisa dengan mudah untuk cek list broadcast. Selain itu anda akan mudah mengidentifikasi mereka.

7. Kumpulkan Kontak Mereka dan Ajak Mereka Gabung Group

Saat anda melakukan personal chat, broadcast atau blast pesan whatsApp, usahakan di arahkan untuk gabung ke group yang anda kelola.

Hal ini dikenal dengan istilah membangun kolam leads, anda lebih mudah mengedukasi, melakukan promosi dan closing jika group ini terkelola dengan baik.

8. Memaksimalkan WhatsApp Group

Salah satu fitur unggulan dari whatsApp adalah WA group, setiap group bisa menampung 256 orang dan tidak ada batasnya untuk membuat berapa banyak group WA.

Artinya jika anda punya group WA 10 group, maka database yang ada dalam kontrol anda adalah 10 X 256 = 2.560 database.

Tertarik bertenak WA group???

9. Bangun Interaksi dengan Membagikan Hal-hal Bermanfaat

WhatsApp itu bersifat personal dan privat, sehingga jika anda mengirim pesan whatsApp dengan konten yang tidak bermanfaat, maka akan mengusik ruang privat mereka.

Maka sebaiknya pikirkan dengan matang sebelum mengirim pesan, tipe pesan bermanfaat itu ada 3, menarik, menguntungkan dan informatif.

10. Tawarkan Penawaran dengan Chat Langsung

Jika mereka sudah mulai mengenal anda, tau bisnis apa yang anda jalankan, maka ini momen yang tepat untuk mengirimkan pesan penawaran langsung ke mereka.

Meskipun tidak beli, pastinya mereka tetap akan memberikan respon kepada anda.

11. Berikan Penawaran Terbaik Kepada Pembeli Potensial

Anda tau penawaran yang seperti apa yang bisa meningkatkan closing??? Jawabanya adalah tawaran terbaik.

Misalkan anda memberikan tambahan benefit, diskon harga, ekstra service dan lain hal yang menurut customer jika mereka membeli dari anda, maka mereka pasti untung.

Penawaran terbaik juga harus memiliki limit waktu, waktunya terbatas, hal ini akan meningkatkan konversi penjualannya, karena calon pembeli terintimidasi dengan waktu. Jika ga beli sekarang, mereka merasa rugi.

12. Fast Response

Anda harus paham, mengapa orang memilih aplikasi whatsApp dibandingkan aplikasi pengirim pesan lainnya. salah satunya fast respon dan real time.

Pada dasarnya customer ingin mendapatkan jawaban dengan sangat cepat, oleh sebab itu kecepatan respon dari anda sangat dibutuhkan.

Silahkan lakukan menejement waktu, menghidupkan auto replay untuk pertanyaan yang sering ditanyakan berulang

Cara Mencari Database No WhatsApp

Ilmu yang harus kamu ketahui juga dari belajar whatsApp marketing adalah mencari database, dimana bisa mendapatkannya, dan bagaimana cara mengumpulkan.

Ini dia yang bisa anda lakukan…

Meminta Langsung

Nomor yang di dapatkan secara langsung memiliki kualitas nomor whatsApp terbaik, mintalah nomor relasi anda dan jangan lupa saling save contact.

Memberikan Give Away

Memberi give away bisa menjadi trigger orang-orang memberikan nomor whatsApp mereka dengan sukarela.

Buatlah give away yang masih berhubungan dengan produk/bisnis yang anda jalankan, kemudian sebarkan di sosial media.

Misalnya memberikan pulsa gratis untuk 100 pertama yang chat di nomor whatsApp yang anda lampirkan.

Join WhatsApp Group Orang Lain

Jika anda tau siapa target market anda, maka akan lebih mudah mengetahui mereka ngumpulnya dimana. Coba gabung di group-group whatsApp miliki orang lain.

Nah anda bisa langsung mengambil database seluruh anggota group tersebut dengan menggunakan tools whatsApp. atau ambil mereka satu persatu.

Menggunakan Website

Website sangat powerful untuk menangkap lead baik email ataupun nomor whatsApp, biasanya menggunakan kontak form atau plugin whatsApp lain.

Jika traffic website anda ratusan atau bahkan ribuan perhari. Bisa dipastikan anda bisa mendapatkan banyak nomor whatsApp.

Menggunakan Facebook Ads

Hanya dengan beriklan menggunakan facebook ads, anda bisa mendapatkan banyak nomor whatsApp tertarget.

Ini cara cepat dan paling favorit yang biasa saya gunakan, sayangnya kita harus ngeluarin modal. Semakin banyak yang di bayar, maka semakin banyak nomor yang di dapatkan.

Beli Database

Diluar sana banyak agen yang menjual database tertarget, resikonya adalah orang yang anda kirimkan nomor whatsApp tidak mengenal anda. terkesan sedang melakukan spam.

Scrape Nomor dari Group WA, Facebook dan Google Bisnis

Biasanya jika anda memiliki aplikasi WhatsApp blast, disana ada fitur untuk scrape database group whatsApp, facebook dan nomor google bisnis.

Tinggal nulis kata kunci group whatsApp anda sudah bisa mendapatkan seluruh nomor mereka.

Tools Penunjang Untuk WhatsApp Marketing

Belajar WhatsApp marketing tidak bisa dipisahkan dengan tools penunjang, karena whatsApp marketing itu sebenanrnya adalah cara mengelola dan mendelivery data dalam jumlah yang besar.

Jika dilakukan secara manual pasti akan sangat melelahkan dan memakan waktu yang banyak. Oleh sebab itu saat ini banyak developer yang mulai mengembangkan tools whatsApp blast.

Di Indonesia sudah mulai banyak developer yang membuatnya, saya hanya memberikan yang terbaik dan paling banyak digunakan oleh marketing seperti anda.

WBS Pro dari Klik Digital

WBS PRO adalah aplikasi whatsApp blast yang banyak direkomendasikan oleh para internet marketer dan pebisnis online. Ini adalah tools generasi kedua dengan nama sebelumnya adalah WA Bulk Sender.

WhatsApp Automation (Seperti Email Automation)

Jika anda pernah menggunakan strategi email marketing automation seperti kirim.email, maka sebenarnya dengan menggunakan whatsApp juga bisa. Satu-satunya di Indonesia adalah layanan WUZZ.

WA Form Builder

Jika anda menggunakan website, maka pasangan utamanya adalah WA Form builder untuk membantu anda mengelola dan memudahkan transaksi online anda.

Landing Page Untuk WhatsApp

Landing page adalah jenis website yang sering digunakan oleh para marketer dalam melakukan promosi.

Biasanya dengan menyematkan tombol whatsApp di call to action landing page maka akan dengan mudah anda bertransaksi, landing page sangat cocok jika di kombinasikan dengan WA Form Builder.

Selly Keyword

Untuk memudahkan anda dalam melakukan chatting, anda bisa menginstal aplikasi selly di handphone anda. Selly memudahkan anda untuk menyimpan format pesan.

Biasanya pertanyaan orang sering berulang, maka selly akan memudahkan anda. Beruntungnya aplikasi ini gratis digunakan oleh semua orang.

Goals Besar dari WhatsApp Marketing

Jika disimpulkan, whatsApp marketing memiliki peran dan goals utama dalam bisnis yang anda sedang jalankan.

  • Brand Awereness dan Membangun Reputasi
  • Maintan dan follow up customer
  • Sebagai kanal transaksi, bahkan bisa juga untuk keranjang belanja
  • Sarana promosi produk dan jasa anda

Itu dia beberapa garis besar mengenai belajar whatsApp marketing, Anda bisa mengembakannya lagi ke tahap advance, misalkan dengan mengikuti kursus WhatsApp marketing.

Semoga materi ini bermanfaat, jangan lupa di share ya.

Dapatkan Strategi Whatsapp Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Avatar

About the Author: Irfan Juniyanto

Seorang marketing offlline yang sudah move on ke online, tertarik dengan hal-hal yang baru. Hubungi saya WA 082293857234

You May Also Like

Promo Suporta ×

Kelola Banyak Chat Akun Whatsapp, Telegram & Marketplace dalam 1 Dashboard

Klik Disini