fbpx
 Advertisement
cara promosi makanan di wa

Cara Promosi Makanan Di Wa Yang Paling Efektif & Menarik

Punya bisnis makanan & minuman namun masih sepi orderan? Mungkin cara promosi makan di wa ini patut Anda coba terapkan dalam bisnis Anda.

Satu alasan paling kuat mengapa harus promosi makanan via Whatsapp yaitu biaya murah dan tinggi konversi.

Cukup punya koneksi internet & tools whatsapp, salah satu yang paling populer adalah Wbspro.

Jika Anda merasa bisnis Anda masih sepi & modal promosi terbatas, mungkin inilah saatnya untuk mulai menerapkan strategi Whatsapp marketing untuk bisnis kuliner Anda.

3 Cara Promosi Makanan Di WA Yang Harus Anda Kerjakan

Whatsapp adalah kanal promosi paling personal dan paling tinggi konversi dibandingkan kanal lain, Kata-kata promosi Anda langsung masuk ke smartphone mereka dan kemungkinan besar dibuka & dibaca.

So, inilah yang harus Anda lakukan diawal untuk memulai promosi jualan makanan via Whatsapp.

1. Buat Katalog Makanan

Untuk persiapan di awal adalah dengan membuat katalog makanan Anda di whatsapp, tujuannya agar orang yang chat ke nomor Anda bisa melihat menu jualan makanan Anda.

Update terbaru dari Whatsapp katalog adalah fitur tambah ke keranjang (add to chart), sehingga memudahkan proses transaksi Anda.

Katalog Whatsapp makanan juga memudahkan Anda untuk mengirim menu jualan ke calon pembeli, so tidak perlu ribet menjawab pertanyaan berulang.

Katalog whatsapp hanya tersedia pada whatsapp bisnis, so gunakan aplikasi whatsapp bisnis, sekaligus optimasi settingan wa nya.

2. Cari Kontak Whatsapp Pelanggan Di Sekitar

Mulai mencari orang-orang di sekitar lokasi jualan makanan Anda, pertimbangkan juga jarak calon pembeli ke tempat jualan, radius paling ideal adalah 3-10 KM dari lokasi bisnis.

Kenapa radius harus di pertimbangkan?

  • Orang lapar butuh cepat mendapatkan makanan, lokasi makanan yang terlalu jauh cenderung di abaikan.
  • Lokasi tempat makan yang tidak terlalu jauh memicu pelanggan untuk berkunjung langsung ke tempat jualan.
  • Jika harus menggunakan jasa ojek online, maka ongkos deliverynya terjangkau.

Anda bisa mengikuti cara saya mendapatkan nomor pengguna Whatsapp disekitar.

3. Kumpul Data Dari Ojol Grab Food & Go Food

Jualan online tanpa memaksimalkan layanan ojek online menurut saya rugi banget.

Memang sih, untuk setiap orderan Anda akan dikenakan potongan admin fee, tapi bukan itu konsen kita.

Konsennya, setiap orderan di ojol kita mintakan nama, nomor dan alamat setiap orang yang order.

Tujuaanya agar Anda bisa melakukan promosi ke mereka dengan kapan saja, mungkin di saat jam makan siang dll. Anda bisa menggunakan jasa delivery sendiri. Lumayan bisa nambahin profit bisnis makanan.

Ingat, aplikasi ojol itu punya algoritma sendiri, salah satunya dia akan merekomendasikan orang yang sedang mencari makanan di lokasi paling dekat dengan tempat dia berada.

Bayangkan jika saran tempat makannya itu adalah rumah makan Anda.

Tapi sebenarnya itu saja belum cukup…. Anda harus menjadi yang paling di prioritaskan ketika orang mencari informasi makanan.

Caranya adalah dengan membuat banyak diskon promo, minimal 3 bulan pertama. Gak apa-apa untuk tipis karena kena fee charger, tapi setalah itu Anda bisa memaksimalkan semua data yang Anda dapatkan.

Bisnis makanan Anda akan mendapatkan banyak repeat order dari pelanggan yang datang via ojol.

Ingat loh, dalam bisnis makanan rasa yang enak aja tidak cukup, paling penting adalah orang tau Anda jualan makanan tersebut.

Irfan Juniyanto dari maketers

4. Caption WA Yang Menarik Khusus Jualan Makanan

Ngomong-ngomong soal kata-kata promosi makanan di whatsapp pasti Anda kebingunan ya. Gak tau mau nulis apa agar orang tertarik.

Sebenarnya jika Anda paham ilmu marketing tentang mengaktifkan otak reptil dan juga seni copywriting, maka Anda tidak akan kesulitan untuk membuat sebuah caption untuk jualan makanan.

Saya perjelas agar lebih mudah.

Silahkan gunakan 2 angle ini untuk jualan makanan.

Angle Konten Greedy (Rakus)

Sifat dasar manusia pada dasarnya adalah rakus, terlebih mereka yang sedang kelaparan, maka jika kata kata promosi makanan Anda mengandung unsur beli satu dapat lebih. Maka itu akan mengaktifkan otak rakus mereka untuk segera membeli.

Contoh : Khusus siang ini, Beli 1 Porsi ayam geprek dapat bonus es teh. Gratis ongkir hanya untuk dalam kota saja.

Angle Konten Social Proof

Konten ini dimana kita mention satu orang yang cukup populer di kota tersebut untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

Contoh : Read Ikan Tuna Bakar Ya, Delivery Sekaran, Yuk Dicicip dulu, Pak Gubernur aja bilang rasanya enak.

Silahkan gunakan kedua angle tersebut dalam setiap kata-kata promosi jualan makan Anda. Kemudian lihat bagaimana perbedaanya, penjualan sebelum & sesudah menggunakan kedua angle tersebut.

5. Sediakan Design Gambar Yang Menarik

Untuk promosi di Whatsapp Anda butuh 2 ukuran design makanan, yang pertama adalah model square untuk kirim gambar dan caption saat kirim pesan di Whatsapp.

Ukuran square untuk Whatsapp yaitu aspek rasio 1:1, dengan ukuran 800x800px. Sedangkan untuk video square bisa pakai 1000x1000px.

Untuk yang kedua adalah ukuran gambar untuk whatsapp story. Sebenarnya untuk ukuran gambar story Whatsapp bebas, namun agar terlihat feed di layar smartphone adalah ukuran story wa 750x1334px dengan aspek rasio 16:9.

Anda cukup menggunakan apliaksi gratisan seperti canva untuk membuat kedua design tersebut.

Jika butuh koleksi premium bisa menggunakan template power point dari The Feed.

6. Blast Whatsapp Ke Semua Nomor Pelanggan

Semua upaya yang Anda lakukan diatas merupakan bagian dari membanngun database pelanggan.

Langkah selanjutnya adalah mengirim pesan promosi kepada nomor-nomor tersebut, entah itu promosi menu baru, diskon makanan hari ini dan berbagai gimmik lainnya.

Pertanyaanya mengirim pesan satu persatu bukan pekerjaan yang mudah, terlebih mengirim pesan yang sama pada kontak yang berbeda dalam waktu yang relatif bersamaan akan membuat nomor whatsapp terblokir.

Disinilah fungsi dari aplikasi blast, ini akan memudahkan Anda mengirim pesan baik berupa text, video dll secara massal dengan tempo tertentu.

Blast whatsapp berbeda loh dengan broadcast, jika bingung bisa simak perbedaan blast & broadcast dl ya.

Note: Blast whatsapp adalah cara promosi makanan di wa paling efektif, sumpah.

Tips Pro

Oh ya semua yang saya paparkan diatas merupakan tips gratisan, jika Anda ingin menambah daya gendor untuk mendongkrak penjualan, bisa dengan mengkombinasikan dengan iklan berbayar.

Cara Promosi Makanan Kombinasi WA & Facebook Ads

Saya sendiri sangat nyaman menggunakan facebook ads untuk promosi, karena konten makanan ini lebih cocok di tampilkan di facebook.

Nah, di awal saya sudah menjelaskan tentang radius, jarak dari tempat jualan makanan ke target market yang tidak lebih dari 3-10 KM.

Di facebook ads untuk mentarget radius sangat memungkinkan, jadi iklan Anda hanya akan tampil di facebook ke orang yang radius tertentu.

Semua interaksi di arahkan ke Whatsapp, tombol call to actionnya di arahkan ke nomor Whatsapp.

Tujuannya adalah untuk mempercepat transaksi dan juga mengumpulkan kembali database Whatsapp.

Pada satu titik tertentu jika Anda lakukan ini dengan konsisten maka Anda bisa merajai bisnis makanan di sekitar lokasi Anda.

Ingat, orang yang sedang kelaparan itu butuh informasi segera, buka hal yang lain.

Sekian dulu tips singkat cara promosi makanan di wa, semoga bermanfaat.

Avatar

About the Author: Irfan Juniyanto

Seorang marketing offlline yang sudah move on ke online, tertarik dengan hal-hal yang baru. Hubungi saya WA 085228767070

You May Also Like

Tinggalkan Balasan