Cara Jualan Di Whatsapp Closing Tinggi Omset Naik

Kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara berjualan di whatsapp yang bisa menghasilkan closing rate yang tinggi sehingga jualan pada laris semua.

Cara ini sering saya gunakan dalam semua bisnis yang saya garap dan terbukti sangat efektif.

Anda juga bisa menduplikasinya pada bisnis Anda, karena apa yang akan saya berikan sangat mudah sekali untuk di tiru, bahkan jika Anda seorang pemula.

#1. List Database Kontak Whatsapp

Untuk jualan di Whatsapp hal yang paling utama yang perlu di perhatikan adalah list kontak Whatsapp Anda.

Rumusnya, semakin banyak kontak whatsapp maka semakin banyak kesempatan Anda untuk melakukan promosi.

Selanjutnya, semakin tertarget kontak list Whatsapp yang Anda miliki maka semakin besar konversi untuk terjadinya closing.

Semakin banyak closing, artinya semakin banyak database pembeli yang Anda miliki, database ini kemudian bisa dikelola kembali untuk repeat order, menjual produk yang lain atau menjual variasi turunan produk Anda, sehingga omset makin meningkat.

#2. Sumber Database Whatsapp

Saya pribadi membagi sumber database itu dalam beberapa kanal. Sebaiknya Anda juga melakukannya.

  • Jaringan pribadi
    Database kontak Whatsapp ini adalah orang orang yang kenal saya secara pribadi, mereka tau apa yang saya kerjakan dan apa yang sedang saya jual.
    Database ini misalnya: Teman, Saudara, Mitra bisnis dll
  • Kanal Sosial Media
    Sosial media juga adalah tempat terbaik untuk mendapatkan database whatsapp yang berkualitas untuk dipakai jualan. Saya menggunakan facebook, instagram dan youtube untuk mendapatkan database, lumayan untuk hitungan gratis.
  • Menggunakan Website
    Setiap bisnis saya pasti memiliki website dalam model blog, seperti website ini, dan disana saya memasang tombol chat ke Whatsapp saya. Hasilnya sangat luar biasa, setiap hari saya mendapatkan puluhan database.
  • Iklan Berbayar
    Iklan berbayar khususnya facebook Ads dan google Ads merupakan kanal paling cepat untuk mendapatkan database pelanggan tertarget, tidak perlu report untuk mengoptimasinya, Anda cukup membayar saja.

itulah 4 kanal yang saya gunakan untuk membangun list database Whatsapp saya.

#3. Interaksi Dengan Kontak Whatsapp

Rata-rata para pemula di dunia whatsapp marketing lupa dengan poin ini.

Mereka kesetanan pengen cepat-cepat langsung berjualan, langsung menghasilkan, padahal cara kesetanan ini terbukti gak ampuh….

Saya tau, karena di awal-awal saya pun kesetan, keblinger liat kontak whatsapp yang bejibun. Dan langsung main hajar.

Apa itu interaksi di Whatsapp?

Interaksi di Whatsapp itu dimana ada komunikasi dua arah antara Anda dengan kontak Whatsapp tersebut, meskipun hanya sekali.

Tujuannya.

Goal dari interaksi ini yaitu untuk mendapatkan 3 poin dibawah ini.

  • Mematikan tombol blokir dari Whatsapp.
  • Agar Anda dan kontak tersebut setidaknya sadar (sudah saling kenal).
  • Saling save nomor kontak agar bisa di broadcast dan tampil di wa story.

Tanpa ketiga poin diatas, maka jangan berharap cara jualan di whatsapp ini berjalan sempurna, apalagi berharap banjir order.

#4. Manajemen Kontak Whatsapp

Rata-rata mereka yang pengen banget jualan di whatsapp lupa, bahwa kontak whatsapp yang sudah di miliki tersebut harus di manage.

Anda harus tau kualitas dan posisi kontak-kontak whatsapp tersebut.

Misalnya kontak Whatsapp dari hasil lead magnet, kontak whatsapp yang sudah pernah beli di anda, kontak whatsapp orang yang pernah tanya-tanya saja dan lain-lain.

Hal ini akan membuat Anda lebih efektif dalam melakukan jualan di whatsapp.

Kontak-kontak yang Anda kirim pesan adalah nomor whatsapp tertarget.

Saya sendiri membagi kontak whatsapp saya ke 3 jenis saja, sehingga mudah di manage.

  • Kontak Whatsapp di bagi berdasarkan niche
    Misalnya, kontak tersebut adalah hasil leads magnet saya dari ebook cara jualan di whatsapp, maka leads tersebut akan tinggi konversinya jika saya jualakan produk whatsapp. Diluar dari produk whatsapp maka hasilnya bisa jadi zero.
  • Kontak Pembeli
    Ini sangat penting, semua yang pernah membeli produk digital ke saya atau order jasa, kontak mereka saya pisahkan ke list buyer. Database ini tidak membutuhkan effort yang besar untuk dijualin, karena rata-rata mereka sudah percaya
  • Warm Market
    Warm market adalah orang yang pernah chat ke saya untuk menanyakan produk yang saya jual, namun kemudian tidak sampai pada proses order. Database ini bagus juga untuk digarap, karena potensi konversi tetap ada meskipun kecil.

Jadi apakah Anda sudah melakukan management database Whatsapp Anda???

Jika belum, sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai.

#5. Sales Copy Whatsapp

Sales copy whatsapp juga berperan penting pada teknik cara jualan di whatsapp ini.

Kata-kata promosi yang Anda tulis dan kirim ke kontak calon customer Anda sangat mempengaruhi apakah mereka suka atau bahkan menolak pesan dari Anda.

Anda harus punya prinsip. Pada dasarnya orang tidak mau untuk di jualin, Terlebih whatsapp adalah saluran privat. Jadi pesan yang Anda kirim berpotensi menggangu privasi mereka.

Sebenarnya saya sudah bahas ini secara detail di whatsapp sales copy, silahkan dibaca dulu.

#6. Gunakan Semua Fitur Promosi Yang Disediakan Whatsapp

Whatsapp sebenarnya sudah menyediakan beberapa fitur dalam aplikasi whatsapp bisnis yang memudahkan Anda untuk jualan.

Maksimalkan semua fitur jualan yang ada di whatsapp bisnis, saya sudah bahas cara penggunaanya di artikel ini.

Selain itu Anda bisa memaksimalkan 2 fitur dari Whatsapp ini.

  • Whatsapp Story
    Tak terhitung berapa kali saya berhasil closing produk dengan Whatsapp story. Cukup sediakan gambar yang tepat dan kata-kata ajakan yang pas.
  • Whatsapp Group
    Ini cara lama sih, sebagian market udah alergi kalo di ajak gabung group, tapi silahkan Anda coba tampung calon pembeli potensial Anda dalam kolam group Whatsapp.
  • Whatsapp Katalog
    Fitur ini keren banget sih menurut saya, makanya saya pernah buat bahasan ini sendiri dalam satu artikel. Intinya calon pembeli Anda akan melihat display katalog Anda sebelum mereka chat ke Anda.

#7. Whatsapp Blaster

Semua orang yang menerapkan Whatsapp marketing pasti menggunakan tools whatsapp blaster, ini gak bisa di tolak.

Alasannya sederhana, ngelola kontak Whatsapp yang bejibun secara manual itu bikin kriting jari. Kurang efisien dan tidak efektif.

Tapi bukan sembarang whatsapp blast loh ya, saya dah ratusan kali menerima curhat dari para pengguna whatsapp blast yang aplikasinya tidak bisa dipakai lagi.

Saya dan 5000an digital marketer yang saya kenal menggunakan WBSPRO, silahkan klik aja penjelasannya.

Memang sih, jika di lihat sebenarnya harga yang di tawarkan itu lebih tinggi dari harga aplikasi sejenis.

Tapi, fitur yang ada di dalam serta support dan komunitas positif yang disediakan vendor membuat harga segitu kemurahan.

Produk ini high recomended banget. Silahkan coba tanya ke mastah digital merketing yang Anda kenal, pasti mereka merekomendasikan tools ini.

Oke, segitu saja bahasan tentang cara jualan di whatsapp ini, sebenarnya terlalu ringkas artikel ini. Karena berbicara scoope jualan via whatsapp ini sangat luas. Tapi semoga artikel ini bermanfaat ya.

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

x