Whatsapp Auto Replay

Memaksimalkan Whatsapp Auto Replay Untuk Efisiensi Bisnis

 Advertisement

Saat ini strategi Whatsapp marketing terus berkembang, salah satunya dengan memaksimalkan whatsapp auto replay pada bisnis anda.

Bayangkan jika setiap saat anda menerima banyak chat Whatsapp masuk dan anda harus menjawab pertanyaan yang sama untuk setiap orang berbeda.

Pastinya akan malas banget kan???

Oleh sebab itu dari pihak Whatsapp sendiri kemudian mengeluarkan fitur perpesanan, sayangnya fitur ini hanya bisa di akses oleh Whatsapp bisnis.

Apa itu Whatsapp Auto Replay???

 Advertisement

Whatsapp auto replay merupakan fitur pesan balas otomatis yang di sediakan oleh whatsapp untuk memudahkan anda dalam menjawab pesan menggunakan Whatsapp.

Tujuannya agar waktu anda tidak bakalan dihabiskan hanya untuk menjawab Frequently Asked Questions atau pertanyaan yang sering di tanyakan.

Apa Saja Fitur Pesan Auto Replay Whatsapp

Fitur pesan auto replay

Untuk whatsapp auto replay yang disediakan oleh pihak whatsapp itu ada tiga macam dengan fungsi dan tujuan yang berbeda. Semuanya dikemas dalam fitur perpesanan.

#1. Pesan Diluar Jam Kerja

Fitur ini disediakan oleh whatsapp untuk anda gunakan saat anda tidak bisa membuka whatsapp dan membalas pesan saat itu juga, atau anda memiliki jam kerja sehingga tidak bisa di hubungi di luar jam tersebut.

Saat anda menggunakan setelan pesan auto replay ini maka otomatis whatsapp akan mengirim pesan ke setiap chat whatsapp yang masuk.

Anda juga bisa mengatur apakah pesan tersebut hanya dikirim ke beberapa kontak saja.

lalu cara kerjanya bagaimana…

Masuk ke Pengaturan –> Pengaturan bisnis –> Fitur Perpesanan –> Pesan di luar jam kerja–>Geser tombol untuk nyalakan fitur tersebut.

Whatsapp auto replay di luar jam kerja

Sampai disini anda akan mendapatkan 2 pilihan

Jadwal

  • Selalu kirim = Whatsapp akan selalu membalas pesan otomatis ketika anda tidak membuka Whatsapp.
  • Di luar jam kerja = Whatsapp otomatis akan membalas pesan di luar jam kerja yang sudah anda setting pada setelan profil bisnis.
  • Jadwal khusus = Whatsapp akan mengirim otomatis pesan sesuai rentang waktu yang anda pilih.

Biasanya untuk nomor bisnis saya, lebih efektif di atur pada pesan diluar dari jam kerja.

Penerima

Ada 4 pilihan saat anda setting

  • Semua orang = Whatsapp akan membalas otomatis ke setiap pesan yang masuk
  • Kecualikan kontak saya = Jika orang yang whatsapp ke anda sudah tersave di handphone anda maka mereka tidak akan menerima pesan otomatis tersebut.
  • Semua orang kecuali = Setiap orang yang kirim pesan ke anda pesan otomatis akan menjawab, kecuali orang yang anda pilih sendiri.
  • Hanya kirim ke = Pesan otomatis ini hanya terkirim ke orang-orang yang sudah anda pilih saja.

Kolom Pesan

Kolom ini untuk mengisi pesan otomatis apa yang nantinya mereka dapatkan ketika mengirim pesan ke anda, silahkan tulis pesan sesuai kebutuhannya.

#2 Salam

Fungsi dari pesan auto replay ini untuk membalas pesan ke siapa saja orang yang belum pernah sama sekali chat dengan anda, atau mereka dalam 14 hari belum pernah chat ke anda.

Ini sangat powerful untuk digunakan ketika ada pelanggan baru yang whatsapp ke anda, saya sering mengisi pesan salam ini dengan pertanyaan : Salam, dengan siap, ada yang bisa di bantu.

Untuk mengaktifkannya.

Masuk ke Pengaturan –> Pengaturan bisnis –> Fitur Perpesanan –> Salam –>Geser tombol untuk nyalakan fitur tersebut.

Pesan auto replay salam

Menunya hampir sama dengan yang ada pada pesan di luar jam kerja, yaitu : semua orang, kecualikan kontak saya, semua orang kecuali, hanya kirim ke.

Biasanya saya selalu setting ke kecualikan kontak saya. tujuannya biar pelanggan yang sudah anda kenal tidak mendapatkan pesan tersebut.

Bayangkan jika pelanggan yang sudah kenal anda dan anda save nomernya trus dapat pesan dengan siapa ada yang bisa di bantu, malah akan melukai perasaan mereka.

#3. Balas Cepat

Ini penggunaannya bukan sebagai pesan otomatis, namun akan sangat berguna untuk memudahkan anda menjawab dengan cepat pertanyaan yang biasanya sering di tanyakan (frequently asked questions).

Anda cukup menyimpan setiap jawaban dari pertanyaan yang sering di tanyakan tersebut, tinggal menambahkan tanda (/) maka pertanyaan tersebut akan keluar.

Jadi respon anda terhadap pelanggan anda akan semakin lebih cepat.

Masuk ke Pengaturan –> Pengaturan bisnis –> Fitur Perpesanan –> Balas Cepat –> Tekan icon (+) untuk menambah pesan otomatis tersebut.

Balas cepat whatsapp

Bagaiman, fitur-fitur whatsapp auto replay dari whatsapp bisnis ini sangat bergunakan.

Anda juga bisa mengirim pesan whatsapp secara massal hanya dengan sekali klik saja, disini juga terdapat pesan auto replay yang bisa anda setting.

Karena ketika anda mengirim pesan keribuan kontak menggunakan aplikasi WBSPro, anda tidak dipusingkan dengan membalas pesan satu persatu, karena sudah disediakan auto replay.

Sekian dulu pembahasan tentang whatsapp auto replay, diharapkan bisa bermanfaat untuk anda agar lebih efektif lagi berkomunikasi dengan pelanggan anda via whatsapp.

Dapatkan Strategi Whatsapp Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Avatar

About the Author: Irfan Juniyanto

Seorang marketing offlline yang sudah move on ke online, tertarik dengan hal-hal yang baru. Hubungi saya WA 082293857234

You May Also Like