Advertisement

Mark Zuckerberg Keluarkan Whatsapp Premium, Bisa Cloud API & Short Link Untuk Bantu UMKM

Mark Zuckerberg mengumumkan secara resmi akan mengeluarkan Whatsapp Premium, Semua orang nantinya bisa menggunakan cloud API, Short Link dan banyak fitur lainnya. Hali ini disampaikan pada acara Conversation 2022.

Hal ini dilakukan untuk membantu usaha kecil dan menengah, karena sebelumnya Whatsapp API hanya di khususkan untuk usaha menegah dan besar, sehingga hanya bisa di jangkau oleh perusahaan. Jadi nantinya akan ada opsi berlangganan (subscription).

Fitur Whatsapp Cloud API

Selengkapnya pada acara Conversation 2022, perusahaan Meta sebagai induk dari Whatsapp menjelaskan tentang detail penggunaan Whatsapp API Cloud. Whatsapp ingin mendukung bisnis kecil dengan membuka cloud API untuk semua ukuruan bisnis apapun di seluruh dunia.

Tentunya ini akan sangat membantu banyak bisnis untuk menjangkau pelanggan mereka dengan mudah dan cepat.

Tautan Pendek Khusus

Whatsapp menawarkan fitur canggih dan optional, yaitu untuk mengklaim tautan pendek khusus dengan nama bisnis pribadi, contohnya wa.me/namabisnis. Sehingga pemilik usaha bisa dengan mudah meningkatkan presensi online dan branding.

tautan pendek whatsapp

Whatsapp akan memberi banyak penawaran lebih untuk bisnis, kombinasi yang di dukung dengan Whatsapp multi perangkat akan memungkinkan bisnis menautkan sampai dengan 10 perangkan untuk satu nomor Whatsapp.

Tentunya fitur-fitur yang akan dibawa oleh Whatsapp premium ini merupakan pilihan optional, pengguna Whatsapp nantinya akan mendapatkan pilihan optional dan dapat diaktifkan kapan saja.

Fitur-fitur ini nantinya hanya akan tersedia pada aplikasi Whatsapp Bisnis bukan Whatsapp biasa. Pengguna akan membayar biaya tertentu untuk dapat menggunakan fitur-fitur ini.

Pastinya meski berbayar, Whatsapp premium akan sangat membantu usaha kecil untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka dengan lebih mudah, cepat dan profesional.

Ada banyak sekali pembaharuan yang nantinya akan di implementasikan pada Whatsapp Premium ini, sayangnya pihak dari Meta tidak menjelaskan hal ini lebih detail.

Sebagai pengguna Whatsapp tentunya harus bergembira karena Whatsapp akan totalitas dalam mendukung usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia untuk terus maju mengembangkan usahanya menggunakan teknologi tingkat tinggi dengan biaya yang terjangkau.

Irfan Juniyanto saleh

Seorang yang tertarik dengan Digital Marketing & Bisnis Online, berbagi pengalaman menjadi passion saya, karena hidup musti bermanfaat.

Tutorial Whatsapp Blast

Cara Saya Mengirim Whatsapp Ke 11.000 Database Pelanggan Setiap Hari

Tinggalkan komentar