5 Cara Cerdas Menghindari Blokir Whatsapp (Update Algoritma Terbaru)

Irfan Juniyanto

Menghindari Blokir Whatsapp
Ilustrasi by Maketers

Terapkan step by step dibawah ini ketika Anda melakukan pengiriman pesan Whatsapp massal untuk menghindari blokir whatsapp

Whatsapp Marketing saat ini makin kompleks terutama akibat dari pemblokiran nomor Whatsapp yang sering dilakukan oleh pihak Whatsapp. WhatsApp telah mengubah total cara kita berkomunikasi dengan pelanggan. 

Namun, dengan kebijakan WhatsApp yang super ketat terhadap pesan massal dan otomatis, tantangan terbesar adalah menghindari blokir whatsapp.

Apakah Anda tahu bahwa dengan WBSPRO, Anda bisa mengoptimalkan strategi WhatsApp Blast Anda dan mengurangi risiko pemblokiran? 

Informasi Resmi Dari Whatsapp Tentang Kirim Pesan Massal

Whatsapp dalam white menyatakan bagaimana cara mereka melawan aktivitas promosi massal yang dilakukan secara serampangan oleh pengguna tools pihak ketiga. Berikut ini beberapa informasinya.

Mendeteksi dan Menangani Penyalahgunaan

WhatsApp menggunakan sistem pembelajaran mesin canggih untuk mengidentifikasi perilaku penyalahgunaan, melarang akun-akun yang mencurigakan selama pendaftaran, selama mengirim pesan, dan sebagai respons terhadap laporan pengguna. Lebih dari dua juta akun dilarang setiap bulan karena perilaku otomatis atau massal, dengan 75% tanpa laporan pengguna terbaru.

Registrasi Nomor

Semua akun harus melewati tahapan registrasi dengan verifikasi SMS atau panggilan telepon. Ini adalah titik efektif untuk memfokuskan usaha deteksi penyalahgunaan.

Saat Mengirim Pesan

WhatsApp menganalisis frekuensi aktivitas akun. Misalnya, sebuah akun yang mencoba mengirim 100 pesan dalam 15 detik setelah registrasi kemungkinan besar dianggap melakukan penyalahgunaan.

Respons Terhadap Feed Back Negatif

Jika sebuah akun mengumpulkan feed back negatif, seperti laporan atau blokir oleh pengguna lain, sistem WhatsApp akan mengevaluasi dan mengambil tindakan yang sesuai.

Teknologi Machine Learning

WhatsApp menggunakan model Machine Learnin dengan fitur, label, dan infrastruktur untuk mengidentifikasi penyalahgunaan. Ini membantu WhatsApp merespons dengan cepat terhadap jenis penyalahgunaan baru.

Berdasarkan informasi resmi dari Whatsapp di atas maka beberapa upaya harus dilakukan agar terhindar dari pemblokiran mesin Whatsapp.

Cara Menghindari Blokir Whatsapp

Terapkan step by step dibawah ini ketika Anda melakukan pengiriman pesan Whatsapp massal, jangan sampai ada yang diabaikan sehingga bikin anda rugi sendiri kedepannya.

1. Sadar Batasan WhatsApp

WhatsApp sangat serius untuk menjaga komunikasi menjadi personal dan aman. 

Memahami hal ini adalah langkah pertama dalam merancang strategi whatsapp blast yang efektif dan aman. 

Dengan menggunakan WBSPRO, Anda bisa memastikan bahwa pesan Anda dikirim secara bertahap dan personal, sesuai dengan kebijakan WhatsApp.

2. Registrasi Sendiri Nomor Whatsapp

Setiap nomor yang digunakan untuk akun WhatsApp harus terverifikasi secara sah. Ini adalah dasar keamanan yang tidak boleh diabaikan. 

Kebanyakan Blaster (sebutan pengguna WBSPRO) menggunakan kartu yang sudah teregistrasi dari marketplace tanpa tau bagaimana para penjual melakukan registrasi nomor tersebut.

Beberapa blaster malah membeli nomor Whatsapp langsung dengan iming-iming nomor anti blokir, hindari hal ini karena selalu berujung scam.

3. Atur Frekuensi Pengiriman WBSPRO

Poin penting dari menghindari pemblokiran adalah mengontrol seberapa sering Anda mengirim pesan. 

WBSPro menawarkan fitur anti blokir yang memungkinkan Anda mengontrol frekuensi pengiriman, sehingga mengurangi risiko terdeteksi sebagai spam.

4. Menghindari Penggunaan Kata-Kata Spam

Buat pesan Anda menarik dan jauh dari kesan spam. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu promosi (hard selling) dan buatlah pesan Anda sepersonal mungkin. 

WBSPRO memungkinkan Anda untuk personalisasi pesan, meningkatkan efektivitas kirim pesan whatsapp massal Anda.

5. Respon Pesan Masuk

Pesan balasan dari penerima pesan adalah sumber informasi yang berharga. Saat ini kadang nomor tujuan yang kita kirimkan pesan menggunakan fitur balas pesan otomatis dari Whatsapp.

Jangan abaikan pesan balasan otomatis, balas saja, terserah apapun balasan Anda, jika tidak ingin repot gunakan fitur Whatsapp Chatbot dari CSAI. Kombinasikan CSAI dengan WBSPRO Anda.

Seperti Anda tahu saat ini jika nomor tujuan tidak membalas atau tidak menyimpan nomor Anda maka tombol blokir tidak dihapus oleh Whatsapp, parahnya lagi beberapa kasus tombol tersebut dibuat sticky sehingga tampil mencolok.

Semoga artikel ini bisa menjadi insight bagi Anda untuk melakukan promosi menggunakan Whatsapp Blast agar terhindar dari pemblokiran nomor Whatsapp.



Gabung komunitas Marketer di WhatsApp dan Telegram saya untuk diskusi lebih lanjut.

Bagikan:

Irfan Juniyanto

Seorang marketing offlline yang sudah move on ke online, tertarik dengan hal-hal yang baru. Gabung Newsletter Saya