autoresponder whatsapp

Autoresponder Whatsapp Untuk Memaksimalkan Penjualan

Setelah sekian purnama di idamkan oleh para pelaku Whatsapp marketing, akhirnya saat ini Autoresponder Whatsapp benar-benar terealisasi. Hadirnya fitur ini pada Aplikasi WBSPro memudahkan pebisnis untuk meningkatkan penjualannya.

 Advertisement

Jika anda seorang digital marketer tentu tidak asing lagi dengan namanya autoresponder. Istilah ini sangat familiar bagi mereka yang menggunakan strategi list building database menggunakan email.

Karena powerfulnya fitur autoresponder pada email marketing ini, maka para pemain list building Whatsapp juga menginginkan agar fitur tersebut ada pada Whatsapp juga, mengingat database Whatsapp saat ini juga semakin penting untuk penjualan.

Sayangnya untuk mewujudkan hal tersebut tidak mungkin menggunakan fitur resmi dari Whatsapp official, karena memang om Mark Zuckerberg tidak menginginkan hal tersebut.

Untungnya WBSPro yang terkenal gebrakan-gebrakan fitur tentang dunia Whatsapp Marketing berhasil mengimplementasikan itu pada aplikasinya.

Kali ini saya akan membahas fitur-fitur tersebut….

Apa Itu Autoresponder Whatsapp

Definisi Autoresponder Whatsapp hampir-hampir mirip pemaknaanya dengan Autoresponder pada email marketing. Hanya saja memang Whatsapp sedikit menyesuaikan, karena antara email marketing dan Whatsapp memang beda platformnya.

Intinya bahwa dengan adanya autoresponder pada Whatsapp, anda bisa mengirim pesan broadcast Whatsapp secara massal, mengirim broadcast pesan terjadwal, menjawab otomatis setiap pesan yang masuk.

Tujuan dari autoresponder ini agar anda dapat memaksimalkan database whatsapp yang sudah anda bangun, melakukan komunikasi yang intens dengan pelanggan, serta follow up kepada mereka. Sehingga bisa berefek pada penjualan dan omset bisnis anda.

Agar lebih jelas saya akan mengupas ketiga fitur Autoresponder Whatsapp tersebut.

Cara Kerja Autoresponder Whatsapp

Seperti yang saya katakan di awal, bahwa autoresponder sangat mampu untuk menopang strategi promosi anda dan mendongkrak penjualan.

Ketika anda mampu mengexploitasi Whatsapp, bukan tidak mungkin omset jualan anda meningkat. Setidaknya 3 hal dibawah ini yang bisa membuat jualan anda meledak via whatsapp.

Pastikan aplikasi Whatsapp anda bisa melakukan ketiganya, jika bingung liat contonya disini.

Broadcast Whatsapp

Di email marketing ada istilahnya broadcast email, yaitu proses pengiriman email secara massal kepada seluruh subscriber email mereka (list email).

Nah, di Whatsapp official pun sudah ada yang namanya broadcast whatsapp, sayangnya kurang efektif karena harus saling save nomor antara pengirim dan penerima. Selain itu hanya dibatasi 256 kontak saja.

Tentu ini akan kurang maksimal jika di head to headkan dengan broadcastnya email marketing.

Oleh sebab itu butuh aplikasi pihak ketiga agar bisa menjalankan broadcast whatsapp secara maksimal, proses pengirimannya tanpa perlu anda menyimpan nomor mereka dan tanpa perlu mereka menyimpan nomor anda. Ini sangat efektif.

Jika anda bingung cara kerja broadcast official dengan broadcast aplikasi pihak ketiga, bisa baca dulu perbedaannya disini.

Jadi tugas anda cukup mencari database sebanyak-banyaknya, kemudian di optimasi menggunakan tools.

Silahkan lihat video demo saya dibawah ini. Dimana setiap harinya saya cukup mengirim pesan massal ke list whatsapp yang saya miliki dan kemudian tinggal menunggu terjadinya transaksi.

Bagaimana, sudah bisa membayangkan berapa omset yang kamu dapatkan jika kamu mampu mengirim pesan massal setiap saat?

Kirim Pesan Whatsapp Terjadwal

kirim pesan whatsapp terjadwal

Di email marketing fitur yang sering di andalakan adalah mengirim email broadcast terjadwal. Ini sangat bermanfaat mengingat setiap target market kita punya prime time sendiri sendiri.

Mengirim pesan apapun itu, entah email atau whatsapp klo waktunya ga tepat pasti open ratenya di bawah, apalagi mengharapkan pesan tersebut di respon.

Prime time ini kadang bertabrakan dengan waktu kita untuk bekerja, jadi terkadang prime time target market itu biasanya sore jam 5, saat mereka pulang kantor, nah kita gak bisa karena mungkin jam tersebut kita sedang olah raga.

Itulah fungsi dari kirim pesan terjadwal, Di Whatsapp juga pihak developer aplikasi akhirnya berpikir keras bagaimana membuat fitur bisa di terapkan pada Whatsapp marketing.

Pada akhirnya, hampir 2 tahun saya menunggu, fitur kirim pesan Whatsapp terjadwal akhirnya muncul juga.

Satu-satunya developer yang bisa merumuskan masalah itu adalah vendor aplikasi ini. Emang sih, aplikasi ini sangat update, di build berdasarkan request para penggunanya. Mereka punya prinsip develop tools base on manfaat, jadi bukan sekedar ego developer.

Sampai disini semoga anda paham fungsi dari autoresponder pada Whatsapp.

Auto Replay Whatsapp

auto replay whatsapp

Auto replay ini menjadi salah satu bagian terpenting dalam Whatsapp marketing, dimana setelah anda menjalankan kedua strategi di atas, maka anda pastinya membutuhkan fitur ini.

FYI, fitur ini menjadi nilai plus yang tidak ada pada autoresponder email marketing, mungkin ada sih tapi kurang efektif.

Auto replay sebenarnya sudah mulai di terapkan dalam Whatsapp bisnis, ini detailnya.

Hanya saja, lagi-lagi itu kurang, karena sebenarnya yang dibutuhkan dalam cara membuat autoresponder Whatsapp bukan seperti itu yang dibutuhkan.

Jadi Auto replay Whatsapp ini, anda cukup memasukan pesan dalam tools dimana setiap pesan itu ada kata kuncinya.

Contohnya nih…

Anda sudah broadcast whatsapp atau sudah schadelu pesan whatsapp, nah gak mungkin dong anda mengirim pesan massal, kemudian anda balas satu persatu.

Misalnya, anda kirim broadcast tentang jualan produk mainan bayi, pastinya setelah itu target market anda akan merespondnya dengan bertanya paling tidak tiga hal, berapa harganya, detail spesifikasi, sama alamat mana.

Nah jawaban ini bisa langsung anda tuliskan pada menu autoreplay whatsapp. Nantinya ketika mereka membalas pesan promosi anda, maka anda akan membalasnya secara otomatis.

Lebih efektif kan?

Kurang lebih seperti itu cara menggunakan autoresponder pada Whatsapp, kebanyakan orang tidak memahami strategi seperti ini.

Sekarang sudah saya jelaskan, tinggal anda mengembangkannya sendiri, jika memang ada pertanyaan, anda bisa menghubungi saya via tombol Whatsapp, insya allah saya cukup matang untuk bahasan ini.

Saya sudah dipercayakan sebagai mentor dalam ecourse whatsapp super simpel, karena saya membahas hal-hal receh tentang whatsapp, tapi efeknya dahsyat, termaksud autoresponder whatsapp ini.

 Advertisement

Lihat Bagaimana Cara Saya Meningkatkan Omset 3X Lipat Hanya Menggunakan Whatsapp

Avatar

About the Author: Irfan Juniyanto

Seorang marketing offlline yang sudah move on ke online, tertarik dengan hal-hal yang baru. Hubungi saya WA 082293857234

You May Also Like